PROPOSAL RENCANA BISNIS PLAN GODOC HELMET
GODOC HELMET
Ringkasan Eksekutif
Perusahaan
Service
Helm “GoDoc” direncanakan bertempat di jalan siliwangi, jatibarang kabupaten indramayu. Struktur
organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian
yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain ; bagian service, bagian desain,
dan
bagian keuangan, bagian cafƩ.
Usaha
ini dipilih karena perkembangan jumlah sepeda motor yang semakin
tinggi di sejumlah daerah di Indonesia, membuat
bisnis service helm ini memiliki potensi pasar yang besar. Ditambah lagi aturan
pemerintah yang mengharuskan pengguna sepeda motor menggunakan helm berstandart
Indonesia SNI. Serta menggabungkan cafe yang sedang tranding di masyarakat
kita.
Dalam mewujudkan usaha GoDoc
mengutamakan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan dengan pikiran positif
sehingga pelanggan akan merasa bangga terhadap dirinya yang dihormati,
dipercaya, serta selalu diterima dengan perilaku baik. Dengan memberikan
perhatian kepada pelanggan pastinya akan mampu mendengarkan dan memahami
kebutuhan pelanggan sehingga secara psikologis pelanggan merasa puas dan ada
keinginan untuk kembali bertransaksi lagi.
Produk yang ditawarkan di
GoDoc memiliki nilai tambah tinggi dengan harga yang relatif murah, mudah
didapat, serta bergaransi sehingga masyarakat yang menengah ke bawahpun mampu menjangkau produk
dengan mudah.
Total
biaya usaha ini adalah Rp. 36.678.000 perbulan dan penerimaan per bulan Rp. 42.900.000,
sehingga pendapatan perbulannya adalah Rp. 6.222.000. Dengan R/Cratio sebesar
1,16 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena
pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio >
1).
Halaman Sampul ..................................................................................................................... 1
Ringkasan Eksekutif
............................................................................................................... 2
Daftar Isi ................................................................................................................................. 3
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN ........................................................................................................
4
BAB II
JASA/PRODUK ......................................................................................................................
5
BAB III
PEMASARAN .........................................................................................................................
8
BAB IV
OPERASI/PRODUKSI ............................................................................................................
9
BAB V
MANAJEMEN ......................................................................................................................
10
BAB VI
FINANSIAL/KEUANGAN
...................................................................................................
12
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN
1.
Nama Perusahaan : GoDoc
2. Nama
Pimpinan Usaha :
3. Alamat
Perusahaan :
4. Bentuk
Perusahaan : Usaha
Perseorangan
5. Mulai
Usaha : Kamis,
29 Oktober 2015
6. Bidang
usaha : Jasa
Service
7. Produk : Jasa
8. Konsumen
yang dituju : Pelajar, Pemuda, Mahasiswa
dan Masyarakat
Jumlah
target omset : Rp per
bulan
9. Tenaga
yang diperlukan : 4
a. Struktur
Organisasi :
b. Job
Description (Deskripsi Pekerjaan)
·
Pemilik (Pimpinan) :
1.
Berkewajiban dan bertugas
untuk mengatur dan menagamenen semua hal yang bersangkutan dalam perkembangan
pencapaian target usaha tersebut.
2.
Memimpin dan mengawasi
kinerja semua pegawai baik bagian service, kasir (administrasi), dan juga
bagian desain.
3.
Berkewajiban
mensejahterakan para pegawai dan menyediakan segala kebutuhan baik peralatan
dan bahan yang dibutuhkan demi kelancaran dan kemajuan usaha.
·
Bagian Service :
1.
Memperbaiki dan
mengoperasikan mesin pencuci helm.
2.
Merawat dan menjaga
segala peralatan, membersihkan dan mengembalikan atau mengondisikan peralatan
setelah digunakan pada akhir jam kerja.
3.
Datang tepat waktu
sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai
sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
4.
Melaporkan semua
kebutuhan alat dan bahan.
·
Kasir / Administrasi :
1.
Mengatur segala keuangan
bengkel baik itu pemasukan dari hasil perbaikan dan pengeluaran untuk
pembelanjaan kebutuhan perlengkapan.
2.
Membuat pembukuan dan
melaporkan hasil pembukuan keuangan kepada pemilik setiap akhir bulan.
3.
Datang tepat waktu
sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai
sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
4.
Melaporkan semua
kebutuhan alat dan bahan kasir untuk kelancaran kegiatan administrasi.
·
Bagian Desain :
1.
Mendesain helm sesuai
yang diinginkan konsumen.
2.
Mengaplikasikan desain
dengan helm.
3.
Merawat dan menjaga
segala peralatan, membersihkan dan mengembalikan atau mengondisikan peralatan
setelah digunakan pada akhir jam kerja.
4.
Datang tepat waktu
sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai
sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
5.
Melaporkan semua
kebutuhan alat dan bahan.
·
Bagian Cafe :
1. Membuat
dan menyajikan minuman.
2.
Merawat dan menjaga
segala peralatan, membersihkan dan mengembalikan atau mengondisikan peralatan
setelah digunakan pada akhir jam kerja.
3.
Datang tepat waktu
sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai
sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
4.
Melaporkan semua
kebutuhan alat dan bahan.
1.
BAB II
JASA/PRODUK
1.
Jenis
produk
Jenis
usaha yang saya buat ini berbentuk service helm + cafe yaitu jasa pencucian dan
pemodifikasian helm serta cafe untuk nongkrong.
Usaha yang saya buat ini berbeda dengan usaha-usaha yang sejenis lainnya,
hal ini dikarenakan dalam tempat yang sama konsumen bisa men-servise helm,
memodifikasi helm dan nongkrong di cafe. Serta harga yang bersaing denan usaha
sejenisnya.
2.
Keunikan
Produk
·
Harga lebih murah
dibandingkan dengan usaha sejenis lainnya.
·
Bisa inden terlebih
dahulu.
·
Kualitas produk lebih
bagus dibandingkan dengan usaha sejenis lainnya.
·
Di dukung dengan
karyawan-karyawan yang handal.
·
Ruangan yang luas dan
bersih.
·
Apabila total pengeluaran
Rp. 150.000 akan mendapatkan gratis cuci helm 1x atau minuman seharga Rp.
10.000
·
Garansi jika helm rusak
saat perbaikan.
3.
Gambaran tentang prospek bisnis secara makro
Kedepannya saya ingin mengembangkan
service helm “GoDoc” dengan memilki beberapa outlet yang menetap pada suatu
tempat yang strategis guna mendekatkan hubungan saya terhadap konsumen.
Kedepannya juga saya akan menambah
jasa yang di tawarkan yaitu memperbaiki suku cadang helm yang rusak seperti
kaca, busa, pengunci helm, dll.
Kedepannya yang juga akan saya
jalankan adalah melalui media on line marketing seperti facebook dan twitter
dan dari transaksi penjualan melalui jasa pengiriman barang menggunakan jasa
perusahaan ekspedisi JNE atau TIKI dan transkasi bisa saya lakukan dengan
cara bertemu langsung dengan konsumen yang ingin membeli produk saya di tempat
yang sudah di tentukan bersama.
BAB III
PEMASARAN
1. Analisa
Lingkungan Pemasaran
Dalam perencanaan pendirian usaha service Helm “GoDoc” ini, lokasi yang setrategis adalah dekat kampus, parkiran mall dan pasar serta di lingkungan yang padat penduduk. Mahasiswa banyak yang suka memakai helm dan lupa untuk di rawat
atau memerlukan modifikasi helm agar sesuai yang diinginkan serta yang ingin ngafe bisa juga sekaligus
dalam 1 tempat yang sama . Dan yang tak kalah penting adalah letak usaha saya
di lingkungan yang padat penduduk , sehingga berpotensi mendatangkan pelanggan
yang banyak pula.
2. Potensi
Pasar
a. Segmentasi
pasar
Service
helm +cafe ini untuk semua kalangan dan semua golongan yang memiliki helm atau
hanya sekedar ingin nongkrong di cafe.
b. Sasaran
pasar
Sasaran pasar ialah pelajar,
mahasiswa, karyawan, orang kantoran, dan juga
masyarakat sekitar.
c. Strategi
pasar
Strategi
yang akan digunakan adalah gencarkan promosi dan lakukan pelayanan prima sebaik
mungkin.
d. Proyeksi
market share
Jenis
proyeksi market share yang saya berikan kepada pembeli ialah setelah
terjadi transaksi pembayaran, kustomer akan saya beri sebuah nota sebagai bukti
bahwa dia telah melakukan pen-service-an pada toko saya, dan natinya jika
kumpulan nota yang sudah saya berikan itu telah terkumpul sebanyak 10x (total
Rp. 150.000) maka kustomer akan saya beri hadiah 1x cuci helm gratis atau
minuman @Rp.10.000,-
3. Strategi
Pemasaran
a. Jasa
Jasa
yang saya tawarkan adalah service (cuci) helm serta modifikasi helm dan
harganya juga lebih murah serta kualitas yang di tawarkan tidak kalah dengan
usaha sejenis lainnya serta fasilitas cafe.
b. Tempat
Tempat
yang akan saya jadikan sebagai area pemasaran awal adalah wilayah kecamatan
Jatibarang. Saya memilih tempat disana karena dekat dengan pusat ekonomi yang
ada di wilayah tersebut, serta banyak juga pemakai kendaraan bermotor yang
lalu-lalang melewati area tersebut.
c. Harga
Harga
yang saya patok berbeda dengan usaha sejenis lainnya.
d. Promosi
Promosi
usaha yang akan saya lakukan yakni dengan membuat brosur, dimana nantinya akan
saya sebar diberbagai sudut yang banyak dijadikan tempat berkerumunannya orang.
Selain itu saya juga akan melakukan promosi melalui internet atau jejaring
sosial agar tidak hanya orang sekitar yang mengetahui usaha saya akan tetapi
juga kalangan banyak.
BAB IV
OPERASI/PRODUKSI
1. Pemilihan
Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi
usaha yang saya perhatikan adalah berdasarkan kondisi pasar. Saya memilih untuk mendirikan usaha ini didekat pusat keramaian (pasar,
kantor, mall) dan kampus serta di lingkungan yang padat penduduk.
2. Perencanaan
Saya
akan memilih perencanaan teknologi dan kebutuhan peralatan karena Perencanaan
melalui media teknologi sangat diperlukan dalam usaha jenis pemula seperti ini.
Selain publikasi via brosur-brosur yang disebar, saya juga akan menggencarkan
publikasi & pemasaran produk ini melalui jejaring sosial. Bahkan jika semua sudah terlaksana dan berjalan
dengan memuaskan, saya akan memunculkan ide baru yaitu men-service suku cadang
yang rusak pada helm.
BAB V
MANAJEMEN (SDM)
Tenaga kerja awal yang dibutuhkan sebagai karyawan yaitu sebagai
berikut:
Desainer modifikasi helm 1 orang
Pekerja bagian service helm 2 orang
Kasir 1
orang
Pekerja Cafe 1
orang
Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pegawai baru, yaitu:
·
Lulusan
SMK/SMA/MA
·
Diutamakan bisa
mendesain dan mau berkreasi (Bagi desainer modifikasi)
·
Usia maksimal
30 tahun
·
Laki-laki
maupun perempuan
·
Tugas dari Desainer
modifikasi adalah
mendesain dan mengaplikasikan desain ke helm, sedangkan tugas bagian service adalah
men-servise dan mencuci helm, lalu bagian kasir adalah mencatat keuangan dan
mencatat helm yang keluar masuk toko. Bagian
cafe yaitu meracik dan menghidangkan menu. Mereka menjalankan tugas masing-masing sesui
dengan instruksi dan arahan saya selaku manager usaha ini.
·
Wewenang bagi
seorang pelamar ialah dia berhak melakukan inovasi dalam bentuk apapun asalkan
bisa menarik minat dari pelanggan.
·
Struktur
personalia yaitu saya sebagai manager/pemilik usaha dan dibawah saya terdapat 5 tenaga kerja.
Sistem penggajian yang saya terapkan adalah sistem bulanan, dimana setiap pekerja akan mendapatkan bayarannya
setiap satu bulan sekali. Selain itu saya akan memberikan bonus kepada masing-masing tenaga kerja
jika penjualan melebihi target. Gaji perbulan untuk maing-masing pekerja adalah Rp. 650.000,-
Semua fasilitas yang berada di dalam kios
adalah milik pemilik.Inventaris barang harus selalu
diperbarui agar dapat diketaui barang apa saja yang ada di toko dan barang apa
saja yang rusak sehingga bisa segera diperbaiki.
Pekerja diberikan kebebasan untuk bertingkah laku sopan terhadap
pelanggan. Pekerja juga harus bersikap melayani pelanggan dengan baik. Pekerja
harus bersikap sabar dalam menangani keluhan pelanggan. Semua itu adalah usaha
untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan yang datang ke toko.
G.
Kebijakan
Hubungan dengan Pemilik
Segala hal yang telah
dibuat/diatur oleh pemilik usaha tidak boleh di tentang oleh pekerja. Namun
apabila ada kesalahan/kekeliruan dari pemilik terhadap kebijakan mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan barangnya, pekerja boleh mengingatkan. Dan
apabila pekerja mempunyai inovasi baru boleh diusulkan pada pemilik usaha sehingga
bisa memajukan toko.
BAB VI
FINANSIAL/KEUANGAN
1.
Besarnya
kebutuhan dana
a. Sumber
Dana :
Rp.
150.000.000,- dari BANK
b. Kebutuhan
Dana :
·
Sarana dan Prasarana
No
|
Nama barang
|
Jumlah
|
1
|
Gedung (10 x 8 meter)
|
Rp. 100.000.000,-
|
2
|
Etalase
|
Rp. 1.000.000,-
|
3
|
Meja-Kursi
|
Rp. 500.000,-
|
4
|
Peralatan Cafe 1 set
|
Rp. 1.500.000,-
|
Jumlah
|
Rp 103.000.000,-
|
c. Proyeksi
Biaya
·
Biaya Peralatan
No
|
Nama
barang
|
Masa
pakai (thn)
|
Jumlah
|
Harga
(1 init)
|
1
|
Lampu
|
2
|
10
|
Rp 10.000,-
|
2
|
Proyektor
|
5
|
1
|
Rp 5.000.000,-
|
3
|
Komputer
|
5
|
2
|
Rp 2.000.000,-
|
4
|
Mesin penghitung uang
|
5
|
1
|
Rp 1.000.000,-
|
5
|
Mesin pencuci helm
|
5
|
1
|
Rp. 8.000.000,-
|
6
|
Printer
|
5
|
1
|
Rp. 4.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp
22.100.000,-
|
Total
biaya penyusutan alat produksi selama satu
bulan
= 4420.000/tahun
12
= Rp. 368.333 atau Rp. 369.000/bulan
d.
Biaya tetap per bulan
No
|
Nama bahan
|
Harga
|
Volume
|
Jumlah
|
1
|
Gula
|
Rp. 13.000,-
|
5 Kg
|
Rp 65.000,-
|
2
|
Aneka Kopi
|
Rp. 20.000,-
|
20 Kg
|
Rp. 400.000,-
|
3
|
Aneka Susu
|
Rp. 20.000,-
|
10 Kg
|
Rp. 200.000,-
|
4
|
Biaya pulsa
|
Rp. 50.000,-
|
1
|
Rp. 50.000,-
|
5
|
Perawatan Alat
|
Rp. 369.000,-
|
1
|
Rp. 369.000,-
|
6
|
Stiker cuting
|
Rp. 28.000,-
|
10 m
|
Rp. 280.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 1.364.000,-
|
e. Biaya
operasional
No
|
Biaya operasional
|
Harga
|
Volume
|
Jumlah
|
1
|
Transportasi
|
Rp.
5.000,-
|
4x
|
Rp.
25.000,-
|
2
|
Biaya Promosi:
|
|||
a. Pamflet
|
Rp.
500,-
|
100 lembar
|
Rp.
50.000,-
|
|
b. Brosur
|
Rp.
700,-
|
100 lembar
|
Rp.
70.000,-
|
|
c. Spanduk
|
Rp.
75.000,-
|
2 buah
|
Rp.
150.000,-
|
|
3
|
Beban Listrik
|
Rp.
200.000,-
|
1 bulan
|
Rp.
200.000,-
|
4
|
Beban
internet
|
Rp.
350.000,-
|
1 bulan
|
Rp.
350.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 845.000,-
|
f.
Biaya gaji
No
|
Jabatan
|
Jumlah
|
Biaya/hari
|
Jumlah hari
|
Jumlah
|
1
|
Karyawan
|
6 orang
|
Rp 25.000
|
26 hari
|
Rp
3.900.000,-
|
Jumlah
|
Rp 3.900.000,-
|
g.
Proyeksi penjualan
No
|
Produk
|
Perkiraan
jumlah yang tercapai
|
Total keuntungan
|
||
Per
hari
|
Per
minggu
|
Per
bulan
|
|||
1
|
Service cuci helm*
|
30
|
180
|
780
|
Rp. 11.700.000,-
|
2
|
Modifikasi Helm**
|
4
|
24
|
104
|
Rp. 20.800.000,-
|
3
|
Cafe (Aneka Kopi)***
|
20
|
120
|
520
|
Rp. 5.200.000,-
|
4
|
Cafe (Aneka Susu)****
|
20
|
120
|
520
|
Rp. 5.200.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
42.900.000,-
|
* Servis Cuci Helm @ Rp. 15.000.
**Modifikasi Helm @ Rp. 200.000.
***Aneka Kopi @ Rp. 10.000.
****Aneka Susu @ Rp. 10.000.
2.
Prediksi
neraca
Bulan November
2015
Pemasukan
|
Pengeluaran
|
||||
No
|
Uraian
|
Harga
|
No
|
Uraian
|
Harga
|
1
|
Servis helm
|
Rp. 11.700.000
|
1
|
Biaya tetap per bulan
|
Rp 1.364.000
|
2
|
Modifikasi
|
Rp. 20.800.000
|
2
|
Karyawan
|
Rp 3.900.000
|
3
|
Kopi
|
Rp. 5.200.000
|
3
|
Biaya operasional
|
Rp 845.000
|
4
|
Susu
|
Rp.5.200.000
|
|||
Jumlah
|
Rp. 42.900.000
|
Jumlah
|
Rp 6.109.000
|
Jadi pada bulan
November prediksi neracanya adalah
=
Rp. 42.900.000 - Rp. 6.109.000
=
Rp 36.791.000,-
3.
Proyeksi
aliran dana
Dalam
mendirikan usaha ini, saya mempunyai modal Rp 150.000.000,- dari Bank. Modal
itu saya gunakan dengan perincian sebagai berikut:
No
|
Nama
biaya
|
Jumlah
|
1
|
Biaya
sarana dan prasarana
|
Rp.
103.000.000,-
|
2
|
Biaya
peralatan
|
Rp.
22.100.000,-
|
3
|
Biaya
tetap per bulan
|
Rp.
1.364.000,-
|
4
|
Biaya
operasional
|
Rp.
845.000,-
|
5
|
Biaya
gaji
|
Rp
3.900.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 131.209.000,-
|
4.
Proyeksi
laba/rugi
v Biaya
cadangan
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Bayar Bank
|
Rp 25.000.000
|
2
|
Peralatan
|
Rp 369.000
|
3
|
Inventaris Gedung
|
Rp 5.000.000
|
Jumlah
|
Rp 30.569.000,-
|
v Biaya
lain-lain
No
|
Uraian
|
Harga
|
1
|
Biaya tetap per bulan
|
Rp 1.364.000
|
2
|
Karyawan
|
Rp
3.900.000
|
3
|
Biaya operasional
|
Rp
845.000
|
Jumlah
|
Rp 6.109.000,-
|
Jadi keuntungannya adalah
= pemasukan – (biaya cadangan + biaya
lain-lain)
= Rp 42.900.000 – (Rp 30.569.000 + Rp 6.109.000)
= Rp
6.222.000,-
5.
Break
Even Point (BEP)
Diketahui :
Biaya variebel (VC) =Rp.
1000,-
Biaya tetap Rp 36.791.000,-
Harga jual per unit = Rp
60.000,-
Berapakah yang harus diproduksi atau dijual agar
perusahaan tidak rugi?
BEP per
bulan = Rp 36.791.000,-/ Rp 60.000-1.000
= 624 unit
BEP per hari = Rp. 624/26 = 24 unit
Artinya,
jumlah minimal yang harus diproduksi/dijual agar tidak rugi adalah 24 unit per hari atau 624 unit per bulan.
Keyword : Business plan, bisnis plan, proposal bisnis plan, rencana bisnis, kewirausahaan, wirausaha, contoh bisnis, makalah bisnis, bisnis, planning business.
0 Response to "PROPOSAL RENCANA BISNIS PLAN GODOC HELMET"
Post a Comment