PROPOSAL RENCANA BISNIS PLAN GODOC HELMET


GODOC HELMET

Ringkasan Eksekutif
Perusahaan Service HelmGoDoc” direncanakan bertempat di jalan siliwangi, jatibarang kabupaten indramayu. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain ; bagian service, bagian desain, dan bagian keuangan, bagian cafĆ©.
Usaha ini dipilih karena perkembangan jumlah sepeda motor yang semakin tinggi di sejumlah daerah di Indonesia, membuat bisnis service helm ini memiliki potensi pasar yang besar. Ditambah lagi aturan pemerintah yang mengharuskan pengguna sepeda motor menggunakan helm berstandart Indonesia SNI. Serta menggabungkan cafe yang sedang tranding di masyarakat kita.
Dalam mewujudkan usaha GoDoc mengutamakan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan dengan pikiran positif sehingga pelanggan akan merasa bangga terhadap dirinya yang dihormati, dipercaya, serta selalu diterima dengan perilaku baik. Dengan memberikan perhatian kepada pelanggan pastinya akan mampu mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan sehingga secara psikologis pelanggan merasa puas dan ada keinginan untuk kembali bertransaksi lagi.
Produk yang ditawarkan di GoDoc memiliki nilai tambah tinggi dengan harga yang relatif murah, mudah didapat, serta bergaransi sehingga masyarakat yang  menengah ke bawahpun mampu menjangkau produk dengan mudah.
Total biaya usaha ini adalah Rp. 36.678.000 perbulan dan penerimaan per bulan Rp. 42.900.000, sehingga pendapatan perbulannya adalah Rp. 6.222.000. Dengan R/Cratio sebesar 1,16 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).

           

Halaman Sampul .....................................................................................................................   1
Ringkasan Eksekutif ...............................................................................................................   2
Daftar Isi .................................................................................................................................   3
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN ........................................................................................................ 4
BAB II
JASA/PRODUK ...................................................................................................................... 5
BAB III
PEMASARAN ......................................................................................................................... 8
BAB IV
OPERASI/PRODUKSI ............................................................................................................ 9
BAB V
MANAJEMEN ...................................................................................................................... 10
BAB VI
FINANSIAL/KEUANGAN ................................................................................................... 12





BAB I
PROFIL PERUSAHAAN
1.      Nama Perusahaan                    : GoDoc
2.      Nama Pimpinan Usaha          
3.      Alamat Perusahaan                
4.      Bentuk Perusahaan                  : Usaha Perseorangan
5.      Mulai Usaha                            : Kamis, 29 Oktober 2015
6.      Bidang usaha                           : Jasa Service
7.      Produk                                    : Jasa
8.      Konsumen yang dituju            : Pelajar, Pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat
Jumlah target omset                 : Rp per bulan
9.      Tenaga yang diperlukan          : 4
a.       Struktur Organisasi     :
b.      Job Description (Deskripsi Pekerjaan)
·         Pemilik (Pimpinan) :
1.    Berkewajiban dan bertugas untuk mengatur dan menagamenen semua hal yang bersangkutan dalam perkembangan pencapaian target usaha tersebut.
2.    Memimpin dan mengawasi kinerja semua pegawai baik bagian service, kasir (administrasi), dan juga bagian desain.
3.    Berkewajiban mensejahterakan para pegawai dan menyediakan segala kebutuhan baik peralatan dan bahan yang dibutuhkan demi kelancaran dan kemajuan usaha.
·         Bagian Service :
1.    Memperbaiki dan mengoperasikan mesin pencuci helm.
2.    Merawat dan menjaga segala peralatan, membersihkan dan mengembalikan atau mengondisikan peralatan setelah digunakan pada akhir jam kerja.
3.    Datang tepat waktu sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
4.    Melaporkan semua kebutuhan alat dan bahan.
·         Kasir / Administrasi :
1.    Mengatur segala keuangan bengkel baik itu pemasukan dari hasil perbaikan dan pengeluaran untuk pembelanjaan kebutuhan perlengkapan.
2.    Membuat pembukuan dan melaporkan hasil pembukuan keuangan kepada pemilik setiap akhir bulan.
3.    Datang tepat waktu sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
4.    Melaporkan semua kebutuhan alat dan bahan kasir untuk kelancaran kegiatan administrasi.
·         Bagian Desain :
1.    Mendesain helm sesuai yang diinginkan konsumen.
2.    Mengaplikasikan desain dengan helm.
3.    Merawat dan menjaga segala peralatan, membersihkan dan mengembalikan atau mengondisikan peralatan setelah digunakan pada akhir jam kerja.
4.    Datang tepat waktu sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
5.    Melaporkan semua kebutuhan alat dan bahan.
·         Bagian Cafe :
1.      Membuat dan menyajikan minuman.
2.    Merawat dan menjaga segala peralatan, membersihkan dan mengembalikan atau mengondisikan peralatan setelah digunakan pada akhir jam kerja.
3.    Datang tepat waktu sebelum jam kerja dan pulang setelah jam kerja selesai, ( jam kerja senin sapai sabtu 08.00 – 16.00, minggu 09.00 – 16.00, hari jum’at libur)
4.    Melaporkan semua kebutuhan alat dan bahan.



1.       
BAB II
JASA/PRODUK

1.      Jenis produk
Jenis usaha yang saya buat ini berbentuk service helm + cafe yaitu jasa pencucian dan pemodifikasian helm serta cafe untuk nongkrong.  Usaha yang saya buat ini berbeda dengan usaha-usaha yang sejenis lainnya, hal ini dikarenakan dalam tempat yang sama konsumen bisa men-servise helm, memodifikasi helm dan nongkrong di cafe. Serta harga yang bersaing denan usaha sejenisnya.

2.      Keunikan Produk
·         Harga lebih murah dibandingkan dengan usaha sejenis lainnya.
·         Bisa inden terlebih dahulu.
·         Kualitas produk lebih bagus dibandingkan dengan usaha sejenis lainnya.
·         Di dukung dengan karyawan-karyawan yang handal.
·         Ruangan yang luas dan bersih.
·         Apabila total pengeluaran Rp. 150.000 akan mendapatkan gratis cuci helm 1x atau minuman seharga Rp. 10.000
·         Garansi jika helm rusak saat perbaikan.

3.      Gambaran tentang prospek bisnis secara makro
Kedepannya saya ingin mengembangkan service helm “GoDoc” dengan memilki beberapa outlet yang menetap pada suatu tempat yang strategis guna mendekatkan hubungan saya terhadap konsumen.
Kedepannya juga saya akan menambah jasa yang di tawarkan yaitu memperbaiki suku cadang helm yang rusak seperti kaca, busa, pengunci helm, dll.
Kedepannya yang juga akan saya jalankan adalah melalui media on line marketing seperti facebook dan twitter dan dari transaksi penjualan melalui jasa pengiriman barang menggunakan jasa perusahaan ekspedisi JNE atau TIKI dan transkasi bisa saya lakukan dengan cara bertemu langsung dengan konsumen yang ingin membeli produk saya di tempat yang sudah di tentukan bersama.



BAB III
PEMASARAN

1.      Analisa Lingkungan Pemasaran
Dalam perencanaan pendirian usaha service Helm “GoDoc” ini, lokasi yang setrategis adalah dekat kampus, parkiran mall dan pasar serta di lingkungan yang padat penduduk. Mahasiswa banyak yang suka memakai helm dan lupa untuk di rawat atau memerlukan modifikasi helm agar sesuai yang diinginkan serta yang ingin ngafe bisa juga sekaligus dalam 1 tempat yang sama . Dan yang tak kalah penting adalah letak usaha saya di lingkungan yang padat penduduk , sehingga berpotensi mendatangkan pelanggan yang banyak pula.
2.      Potensi Pasar
a.    Segmentasi pasar
Service helm +cafe ini untuk semua kalangan dan semua golongan yang memiliki helm atau hanya sekedar ingin nongkrong di cafe.
b.    Sasaran pasar
Sasaran pasar ialah pelajar, mahasiswa, karyawan, orang kantoran, dan juga masyarakat sekitar.
c.    Strategi pasar
Strategi yang akan digunakan adalah gencarkan promosi dan lakukan pelayanan prima sebaik mungkin.
d.   Proyeksi market share
Jenis proyeksi market share yang saya berikan kepada pembeli ialah setelah terjadi transaksi pembayaran, kustomer akan saya beri sebuah nota sebagai bukti bahwa dia telah melakukan pen-service-an pada toko saya, dan natinya jika kumpulan nota yang sudah saya berikan itu telah terkumpul sebanyak 10x (total Rp. 150.000) maka kustomer akan saya beri hadiah 1x cuci helm gratis atau minuman @Rp.10.000,-




3.      Strategi Pemasaran
a.    Jasa
Jasa yang saya tawarkan adalah service (cuci) helm serta modifikasi helm dan harganya juga lebih murah serta kualitas yang di tawarkan tidak kalah dengan usaha sejenis lainnya serta fasilitas cafe.
b.    Tempat
Tempat yang akan saya jadikan sebagai area pemasaran awal adalah wilayah kecamatan Jatibarang. Saya memilih tempat disana karena dekat dengan pusat ekonomi yang ada di wilayah tersebut, serta banyak juga pemakai kendaraan bermotor yang lalu-lalang melewati area tersebut.
c.    Harga
Harga yang saya patok berbeda dengan usaha sejenis lainnya.
d.   Promosi
Promosi usaha yang akan saya lakukan yakni dengan membuat brosur, dimana nantinya akan saya sebar diberbagai sudut yang banyak dijadikan tempat berkerumunannya orang. Selain itu saya juga akan melakukan promosi melalui internet atau jejaring sosial agar tidak hanya orang sekitar yang mengetahui usaha saya akan tetapi juga kalangan banyak.



BAB IV
OPERASI/PRODUKSI

1.      Pemilihan Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha yang saya perhatikan adalah berdasarkan kondisi pasar. Saya memilih untuk mendirikan usaha ini didekat pusat keramaian (pasar, kantor, mall) dan kampus serta di lingkungan yang padat penduduk.
2.      Perencanaan
Saya akan memilih perencanaan teknologi dan kebutuhan peralatan karena Perencanaan melalui media teknologi sangat diperlukan dalam usaha jenis pemula seperti ini. Selain publikasi via brosur-brosur yang disebar, saya juga akan menggencarkan publikasi & pemasaran produk ini melalui jejaring sosial. Bahkan  jika semua sudah terlaksana dan berjalan dengan memuaskan, saya akan memunculkan ide baru yaitu men-service suku cadang yang rusak pada helm.



BAB V
MANAJEMEN (SDM)

Tenaga kerja awal yang dibutuhkan sebagai karyawan yaitu sebagai berikut:
      Desainer modifikasi helm                               1 orang
      Pekerja bagian service            helm                           2 orang
      Kasir                                                               1 orang
Pekerja Cafe                                                   1 orang
Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pegawai baru, yaitu:
·         Lulusan SMK/SMA/MA
·         Diutamakan bisa mendesain dan mau berkreasi (Bagi desainer modifikasi)
·         Usia maksimal 30 tahun
·         Laki-laki maupun perempuan
C.    Pembagian Tugas, Wewenang, dan Organisasi Personalia
·         Tugas dari Desainer modifikasi adalah mendesain dan mengaplikasikan desain ke helm, sedangkan tugas bagian service adalah men-servise dan mencuci helm, lalu bagian kasir adalah mencatat keuangan dan mencatat helm yang keluar masuk toko. Bagian cafe yaitu meracik dan menghidangkan menu. Mereka menjalankan tugas masing-masing sesui dengan instruksi dan arahan saya selaku manager usaha ini.
·         Wewenang bagi seorang pelamar ialah dia berhak melakukan inovasi dalam bentuk apapun asalkan bisa menarik minat dari pelanggan.
·         Struktur personalia yaitu saya sebagai manager/pemilik usaha dan dibawah saya terdapat 5 tenaga kerja.
Sistem penggajian yang saya terapkan adalah sistem bulanan, dimana setiap pekerja akan mendapatkan bayarannya setiap satu bulan sekali. Selain itu saya akan memberikan bonus kepada masing-masing tenaga kerja jika penjualan melebihi target. Gaji perbulan untuk maing-masing pekerja adalah Rp. 650.000,-



Semua fasilitas yang berada di dalam kios adalah milik pemilik.Inventaris barang harus selalu diperbarui agar dapat diketaui barang apa saja yang ada di toko dan barang apa saja yang rusak sehingga bisa segera diperbaiki.
Pekerja diberikan kebebasan untuk bertingkah laku sopan terhadap pelanggan. Pekerja juga harus bersikap melayani pelanggan dengan baik. Pekerja harus bersikap sabar dalam menangani keluhan pelanggan. Semua itu adalah usaha untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan yang datang ke toko.
G.    Kebijakan Hubungan dengan Pemilik
Segala hal yang telah dibuat/diatur oleh pemilik usaha tidak boleh di tentang oleh pekerja. Namun apabila ada kesalahan/kekeliruan dari pemilik terhadap kebijakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan barangnya, pekerja boleh mengingatkan. Dan apabila pekerja mempunyai inovasi baru boleh diusulkan pada pemilik usaha sehingga bisa memajukan toko.



BAB VI
FINANSIAL/KEUANGAN
1.      Besarnya kebutuhan dana
a.       Sumber Dana :
Rp. 150.000.000,- dari BANK
b.      Kebutuhan Dana :
·         Sarana dan Prasarana
No
Nama barang
Jumlah
1
Gedung (10 x 8 meter)
Rp. 100.000.000,-
2
Etalase
Rp. 1.000.000,-
3
Meja-Kursi
Rp. 500.000,-
4
Peralatan Cafe 1 set
Rp. 1.500.000,-
Jumlah
Rp 103.000.000,-

c.       Proyeksi Biaya
·         Biaya Peralatan
No
Nama barang
Masa pakai (thn)
Jumlah
Harga (1 init)
1
Lampu
2
10
Rp 10.000,-
2
Proyektor
5
1
Rp 5.000.000,-
3
Komputer
5
2
Rp 2.000.000,-
4
Mesin penghitung uang
5
1
Rp 1.000.000,-
5
Mesin pencuci helm
5
1
Rp. 8.000.000,-
6
Printer
5
1
Rp. 4.000.000,-
Jumlah
Rp 22.100.000,-
Total biaya penyusutan alat produksi selama satu bulan       
 = 4420.000/tahun
            12
= Rp. 368.333 atau Rp. 369.000/bulan     
d.      Biaya tetap per bulan 
No
Nama bahan
Harga
Volume
Jumlah
1
Gula
Rp. 13.000,-
5 Kg
Rp 65.000,-
2
Aneka Kopi
Rp. 20.000,-
20 Kg
Rp. 400.000,-
3
Aneka Susu
Rp. 20.000,-
10 Kg
Rp. 200.000,-
4
Biaya pulsa
Rp. 50.000,-
1
Rp. 50.000,-
5
Perawatan Alat
Rp. 369.000,-
1
Rp. 369.000,-
6
Stiker cuting
Rp. 28.000,-
10 m
Rp. 280.000,-
Jumlah
Rp. 1.364.000,-

e.       Biaya operasional
No
Biaya operasional
Harga
Volume
Jumlah
1
Transportasi
Rp. 5.000,-
4x
Rp. 25.000,-
2
Biaya Promosi:

a. Pamflet
Rp. 500,-
100 lembar
Rp. 50.000,-
b. Brosur
Rp. 700,-
100 lembar
Rp. 70.000,-
c. Spanduk
Rp. 75.000,-
2 buah
Rp. 150.000,-
3
Beban Listrik
Rp. 200.000,-
1 bulan
Rp. 200.000,-
4
Beban internet
Rp. 350.000,-
1 bulan
Rp. 350.000,-
Jumlah
Rp. 845.000,-

f.        Biaya gaji
No
Jabatan
Jumlah
Biaya/hari
Jumlah hari
Jumlah
1
Karyawan
6 orang
Rp 25.000
26 hari
Rp 3.900.000,-
Jumlah
Rp 3.900.000,-




g.      Proyeksi penjualan
No
Produk
Perkiraan jumlah yang tercapai

Total keuntungan
Per hari
Per minggu
Per bulan
1
Service cuci helm*
30
180
780
Rp. 11.700.000,-
2
Modifikasi Helm**
4
24
104
Rp. 20.800.000,-
3
Cafe (Aneka Kopi)***
20
120
520
Rp. 5.200.000,-
4
Cafe (Aneka Susu)****
20
120
520
Rp. 5.200.000,-
Jumlah
Rp. 42.900.000,-

* Servis Cuci Helm          @ Rp. 15.000.
**Modifikasi Helm          @ Rp. 200.000.
***Aneka Kopi                @ Rp. 10.000.
****Aneka Susu              @ Rp. 10.000.
2.      Prediksi neraca
Bulan November 2015
Pemasukan
Pengeluaran
No
Uraian
Harga
No
Uraian
Harga
1
Servis helm
Rp. 11.700.000
1
Biaya tetap per bulan
Rp 1.364.000
2
Modifikasi
Rp. 20.800.000
2
Karyawan
Rp 3.900.000
3
Kopi
Rp. 5.200.000
3
Biaya operasional
Rp 845.000
4
Susu
Rp.5.200.000



Jumlah
Rp. 42.900.000
Jumlah
Rp 6.109.000
Jadi pada bulan November prediksi neracanya adalah
= Rp. 42.900.000 - Rp. 6.109.000
= Rp 36.791.000,-

3.      Proyeksi aliran dana
Dalam mendirikan usaha ini, saya mempunyai modal Rp 150.000.000,- dari Bank. Modal itu saya gunakan dengan perincian sebagai berikut:

No
Nama biaya
Jumlah
1
Biaya sarana dan prasarana
Rp. 103.000.000,-
2
Biaya peralatan
Rp. 22.100.000,-
3
Biaya tetap per bulan
Rp. 1.364.000,-
4
Biaya operasional
Rp. 845.000,-
5
Biaya gaji
Rp 3.900.000,-
Jumlah
Rp. 131.209.000,-













4.    Proyeksi laba/rugi
v  Biaya cadangan
No
Uraian
Jumlah
1
Bayar Bank
Rp 25.000.000
2
Peralatan
Rp 369.000
3
Inventaris Gedung
Rp 5.000.000
Jumlah
Rp 30.569.000,-

v  Biaya lain-lain
No
Uraian
Harga
1
Biaya tetap per bulan
Rp 1.364.000
2
Karyawan
Rp 3.900.000
3
Biaya operasional
Rp 845.000
Jumlah
Rp 6.109.000,-
Jadi keuntungannya adalah
= pemasukan – (biaya cadangan + biaya lain-lain)
= Rp 42.900.000 – (Rp 30.569.000 + Rp 6.109.000)
= Rp 6.222.000,-
5.    Break Even Point (BEP)
Diketahui :
Biaya variebel (VC) =Rp. 1000,-
Biaya tetap Rp 36.791.000,-
Harga jual per unit = Rp 60.000,-
Berapakah yang harus diproduksi atau dijual agar perusahaan tidak rugi?



BEP per bulan = Rp 36.791.000,-/ Rp 60.000-1.000 = 624 unit
BEP per hari   = Rp. 624/26 = 24 unit

Artinya, jumlah minimal yang harus diproduksi/dijual agar tidak rugi adalah 24 unit per hari atau 624 unit per bulan.






Keyword : Business plan, bisnis plan, proposal bisnis plan, rencana bisnis, kewirausahaan, wirausaha, contoh bisnis, makalah bisnis, bisnis, planning business.
comments

0 Response to "PROPOSAL RENCANA BISNIS PLAN GODOC HELMET"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

body{oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'}